29 Desember 2015

Sejarah perkembangan Playstation dari masa ke masa


Playstation

Adalah sebuah game console yang telah menggunakan grafis dari era 32-bit.
Seringkali juga disebut dengan nama PSX. Playstation merupakan game console perintis yang pertama kali menggunakan CD sebagai media penyimpanan dan bukan catridge. Playstation pertama kali diluncurkan di Jepang pada tanggal 3 Desember 1994, Amerika Serikat pada tanggal 9 September 1995, dan Eropa 29 September 1995.


Tahun 1986

Nintendo memulai percobaan terhadap teknologi disk untuk menggantikan catridge pada game console-nya, Famicom. Namun karena media CD memiliki beberapa kelemahan seperti mudahnya penghapusan, daya tahan yang rendah, dan bahaya pembajakan, percobaan itu tidak pernah terjadi dan hanya sebatas konsep saja. Akhirnya, Nintendo mulai tertarik pada CDROM/XA yang dikembangkan oleh Sony dan Philips. Kemudian Nintendo membuat sebuah kontrak dengan Sony untuk membuat CD-ROM add-on, yang kemudian disebut dengan SNES-CD. Pada saat itu pula, Sony merencanakan pengembangan lainnya. Pengembangan itu berupa akan dibuatnya sebuah game console jenis baru Sony ( yang kemudian dikenal dengan nama proyek Playstation ) yang akan cocok dengan format SNESCD-ROM.

Tahun 1989

Nintendo memutuskan kontrak dengan Sony dan membuat kontrak baru dengan Philips.
Hal ini dikarenakan setelah membaca ulang kontrak dengan Sony, Hiroshi Yamauchi sebagai petinggi Nintendo menyadari bahwa Sony memegang kendali seluruh sertifikat yang menyangkut SNESCD-ROM. Setelah kontrak dihentikan, Sony mengumumkan bahwa proyek dengan nama Playstation akan
dihentikan. Namun akhirnya perusahaan memutuskan untuk melanjutkan proyek tersebut dengan mempertimbangkan proyek Playstation sudah hampir selesai. Ini menyebabkan Nintendo menuntut Sony dengan alasan pelanggaran kontrak.

Tahun 1991

Pengadilan memutuskan bahwa Sony tidak melanggar perjanjian kontrak dengan Nintendo.

Tahun 1992

Sony dan Nintendo membuat kesepakatan, yang menyatakan Sony Playstation akan tetap menggunakan port untuk SNES game, sedangkan hak patennya kan tetap dimiliki oleh Nintendo dan juga Nintendo akan mendapatkan keuntungan dari penggunaan SNES game.

Tahun 1993

Playstation akhirnya dirilis setelah perombakan ulang konsep. Playstation tidak lagi menggunakan catridge port SNES dan kesepakatan dengan Nintendo telah dibatalkan karena dengan tidak digunakannya catridge port pada Playstation, maka kesepakatan tersebut tidak berlaku lagi.

Kelemahan :

Mata optik merupakan kelemahan utama dari game console Playstation. Ini dikarenakan
mata optik menjadi lemah jika Playstation tersebut sudah cukup lama digunakan.
Akibatnya, dalam men-loading game akan menghabiskan waktu yang cukup lama atau game tersebut akan sama sekali tidak ter- loading, karena mata optik lemah tidak mampu membaca CD game tersebut.
Seringkali, para pemilik game console mengatasi masalah ini dengan membalikkan atau memiringkan  Playstation mereka. Namun, ini hanyalah sebuah solusi
sementara. Mereka akan menemui masalah yang serupa setelah selang beberapa waktu kemudian, sehingga Playstation akan dimiringkan dengan sudut yang lebih besar atau berlawanan arah. Daripada memperbaiki atau mengganti mata optik yang sudah lemah, kebanyakan dari pemilik konsol ini lebih memilih untuk menjual Playstation mereka dan membeli unit yang baru. Ini disebabkan biaya perbaikan hampir tidak berbanding jauh dengan harga Playstation yang baru.
Karena menggunakan CD sebagai media penyimpanan, maka akan berakibat seringnya munculnya layar loading time di Playstation pada waktu yang cukup lama dan CD mempunyai daya tahan yang lebih rendah dibandingkan dengan catridge.

Kelebihan :
Playstation memiliki grafis yang lebih baik dibandingkan game console lainnya pada saat itu.
Biaya untuk membeli media penyimpanan CD lebih murah dibandingkan membeli catridge.

Kelebihan dan kekurangan PlayStation generasi 1

PlayStation 1

Kelebihan : installnya mudah
Kekurangan : tampilannya kurang moderen
Kelebihan : Bisa main PS di komputer
Kekurangan : -
Kelebihan : Dapat memainkan hampir seluruh game PS1
Kekurangan : Sudah tidak ada Versi Update

Kelebihan dan kekurangan PlayStation generasi 2

PlayStation 2

Kelebihannya bisa pakai optik dan non optik (hard disk) kelemahannya mesin mudah panas kalau yg slim gt kalau yg besar aman-mana saja Kelebihan OPTIK :
– Tidak ribet , tinggal beli DVD game terus masukan
– Bisa membaca DVD & game PS1
(tergantung modchipnya juga)

Kekurangan OPTIK :
– Jika rusak/optik lemah harus membeli optik yg baru
– Tidak tahan lama kalau anda memainkan PS2 gila-gilaan (gamer yg main > 4jam sehari)
– Membaca gamenya tergantung dari kondisi DVD game PS2 yg gamer mainkan (kalau lecet/ baret maka akan lag)

Kelebihan Harddisk :
– Membaca gamenya lancar & mulus
– Lebih tahan lama & awet

Kekurangan Harddisk :
– Lebih ribet karena harus mengcopy game ke HDD terlebih dahulu , baik dari PC (download) , maupun dari DVD game yg dicopy langsung ke HDD
– Harus menggonta-ganti firmware karena masing-masing firmware punya bug dan kompabilitas game tertentu (ada game yg jalan dan ada yg tidak jalan)

– Jika PS2 anda PS2 Fat maka kamu harus membeli Network Adapter untuk mencolok/menyambungkan HDD ke PS2

Kelebihan dan Kekurangan PlayStation generasi 3

PlayStation 3

Perjuangan berat harus di hadapi Sony untuk dapat mempopulerkan generasi game ke-3 mereka. Banyak muncul sentimen negatif masyarakat dan media terhadap mereka!
Meski begitu peluang konsol ini untuk meraih kesuksesan masih terbuka lebar, asalkan Sony dapat membaa peluang yang muncul! PS3 nampak begitu ekslusif dengan desain yang mewah, sayang harga yang dimiliki terlalu mahal apalagi bagi gamer tanah air.

Kelebihan

- Built-in Ray drive (game, movie musik, dan lainnya) yang mulai di lirik banyak orang.
- Paling kuat dengan prosesor cell
- Didukung multimedia yg cangih dan lengkap, disertakan built-in dalam mesin
- Desain yg tampak mewah dan elegan, fitur sentuh untuk tombol open/close Blu ray
- Dukungan backward compatibilyti paling baik

Kekurangan

- Harga yang terlau mahal 8-6 jutaan ( pada awal peluncurannya)
- Kontrol tampak seperti murahan karena tidak ada perubahan dengan PS2
- Kurang siap dalam hal online
- Copyannya masih belum jelas ( bajakan )
- Klasifikasi PlayStation generasi ke-4


PlayStation 4

Telah hadir PlayStation versi terbaru yaitu PlayStation 4 (PS4). Versi PS terbaru ini dengan tampilan 3 dimensi (3D) yang lebih mantab, enak dipandang mata, nyaman dan sempurna. PlayStation menghadirkan kenyaman bermain game dengan membuat anda nyaman dengan ke indahan tampilan 3D.

Sementara itu PlayStation 3 (PS3) yang dirilis sebelumnya, rupanya Sony tidak puas sampai disitu, dan apalagi dengan persaingan game console yang semakin ketat. Bahkan Sony juga mempersiapkan
PlayStation 5 (PS5) dan PlayStation 6 (PS6) namun ini masih dalam tahap awal perencanaan dan konsep di laboratorium Sony’s R & D.

Menurut isu yang berkembang PlayStation 4 ini juga menggunakan prosesor Cell
besutan IBM yang berkekuatan sepuluh (10) kali lipat dari pendahulunya PlayStation 3.
IBM memang telah mengembangkan gererasi prosesor terbaru yang diperuntukan untuk kelas server. Prosesor dengan yang bernama IBM CPU POWER7 itu pun digunakan dalam generasi konsol milik Sony, Playstation 4

0 komentar:

Posting Komentar