8 Desember 2015

Pengenalan Game Theory

         
        Assalamu’alaikum WR. WB., pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dari Game Theory. Langsung saja kita lihat apa pengertian dari game theory.
  

Menururt Dimiyati (1992), teori permainan (game theory) adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pembuatan keputusan pada saat ada dua pihak atau lebih berada dalam kondisi persaingan atau konflik. Pihak-pihak yang bersaing ini disumsikan bersifat rasional dan cerdas, artinya masing-masing pihak akan melakukan strategi tindakan yang rasional untuk memenangkan persaingan itu, dan masing-masing pihak juga mengetahui strategi pihak lawannya. Selanjutnya pihak ini disebut pemain.

Menurut Ayu (1996), game theory merupakan suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan. Game theory melibatkan dua atau lebih pengambil keputusan atau yang disebut pemain. Setiap pemain dalam game theory mempunyai keinginan untuk menang.


Pengenalan Game Theory


Tujuan teori ini adalah menganalisa proses pengambilan keputusan dari persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih pemain/kepentingan. Kegunaan dari teori permainan adalah metodologi yang disediakan untuk menstruktur dan menganalisa masalah pemilihan strategi. Menggunakan teori permainan, maka langkah pertama adalah menentukan secara explicit pemain, strategi yang ada, dan juga menentukan preferensi serta reaksi dari setiap pemain.

Terdapat dua jenis strategi permainan yang dapat digunakan pada game theory, yaitu pure strategy (setiap pemain mempergunakan strategi tunggal) dan mixed strategy (setiap pemain menggunakan campuran dari berbagai strategi yang berbeda-beda).Pure strategy digunakan untuk jenis permainan yang hasil optimalnya mempunyaisaddle point (semacam titik keseimbangan antara nilai permainan kedua pemain). Sedangkan mixed strategy digunakan untuk mencari solusi optimal dari kasus game theory yang tidak mempunyai saddle point.



Pengenalan Game Theory


Demikianlah postingan saya kali ini yaitu tentang pengertian dari game theory. Semoga postingan saya kali ini dapat berguna serta membuka wawasan kita tentang pengertian dari game theory khususnya bagi saya dan bagi para pembaca khusunya.
Wassalamu’alaikum WR. WB.

Sumber : sutrisnoadityo.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar