25 Desember 2015

Sejarah dan Pengenalan Playstation



         PlayStation adalah sebuah konsol Game keluaran Sony yang saat ini sudah mendarah daging di kalangan gamer,tidak ada gamer yang tidak mengenal Playstation.Pasaran konsol game ini sudah masuk ke pelosok-pelosok desa.Tapi sudahkah para pemilik konsol tersebut mengenal dengan baik konsolnya ?


Tentu saja ada sejarahnya kenapa Playstation yang di rilis Sony ini begitu ngetop dan banyak dikenal orang! Dan yang tidak kalah pentingnya,ada beberapa hal dari Playstation yang harus kita ketahui,baik itu fungsinya maupun cara kerjanya.

Nah… di bagian ini kamu akan diperkenalkan dengan konsol Playstation.Mulai dari Playstation 1,Playstation 2,Playstation Portable,dan Playstation 3.Mari kita mulai dengan sejarah konsolnya… Let’s START it..


Sejarah da Pengenalan Paystation


Sony masuk di dalam industri game sebenarnya di mulai sejak lama,pada saat itu Sony memproduksi chip suara yang digunakan di mesin SNES dari Nintendo.Pada saat itu media untuk penyimpanan software game sebagian besar masih menggunakan catridge,seperti SEGA megadrive,SNES,dan lain-lain.Lalu SEGA mulai mengembangkan media penyimpanan software game dalam format kepingan CD.


Nintendo sebagai saingan SEGA tidak mau ketinggalan untuk ikut mengembangkan hal yang sama,maka pada tahun 1988 dimintalah Sony untuk bekerjasama mengembangkan perangkat kerasnya.Maka mulailah proyek  pembuatan CD ROM add on untuk SNES yang akan diberi nama SNES CD.Bersamaan dengan didesainnya add on untuk SNES itu juga Sony berencana untuk membuat suatu perangkat hiburan yang bisa memainkan Game SNES yang berupa catridge dan juga CD dengan format yang didesain oleh Sony dan juga format itu akan dipakai Nintendo untuk software-software gamenya nanti yang berbentuk CD


Pada tahun 1991 dalam acara Consumer Electronic Show CD ROM add on untuk SNES di umumkan ke publik.Tetapi ketika pihak Nintendo melihat lagi perjanjian yang mereka buat dengan Sony pada tahun 1988 pihak Nintendo menyadari ada perjanjian yang dianggap merugikan pihak Nintendo yang setiap software game yang menggunakan format CD yang dibuat Sony,maka pihak Sony akan mendapatkan bagian keuntungan sebesar 25%dari setiap software game.Pihak Nintendo akhirnya membatalkan secara sepihak perjanjian yang mereka buat dengan Sony dan memilih bekerjasama dengan Philips untuk membuat format baru yang tidak merugikan mereka.Setelah gagalnya proyek Sony dengan Nintendo tersebut pertama kali Sony ingin menghentikan semua perencanaan dan pengerjaan dari add on untuk SNES tersebut.

Tetapi Ken Kutaragi sebagai kepala project berusaha menyakinkan pimpinan tertinggi Sony untuk tetap melanjutkan apa yang sudah dicapai dan akhirnya mendapatkan persetujuan.Maka dilanjutkanlah rencana untuk membuat suatu perangkat hiburan yang bias memainkan catridge SNES dan CD dengan format buatan Sony dengan nama Playstation.

Melihat hal tersebut Nintendo menuntut Sony ke pengadilan karena merasa bahwa mereka memiliki hak atas nama tersebut dan arena dulu perangkat tersebut didesain berdasarkan perjanjian yang pernah dibuat antara Nintendo dan Sony yang pernah dibatalkan sepihak oleh Nintendo.Pengadilan menolak tuntutan Nintendo dan akhirnya pada Oktober 1991  lahirlah Playstation yang bias memainkan game-game SNES dan bisa memainkan CD ROM.

Pada akhir tahun 1992 akhirnya Sony mencapai kesepakatan dengan Nintendo yang isinya adalah bahwa Sony boleh meneruskan pembuatan perangkat hiburan yang bisa memainkan game SNES tetapi Nintendo mendapatkan bagian keuntungan dari setiap mesin yang dibuat dan setiap software yang bisa dimainkan di mesin tersebut dan nama Playstation diubah menjadi ‘’Sony Play Station’’. Tetapi ternyata Sony tidak banyak juga memproduksi mesin ini,menurut rumor hanya 200 saja yang diproduksi.


Pada awal tahun 1993 Ken Kutaragi kembali mendesain ulang mesin tersebut dan menggunakan teknologi yang lebih baru. Port catridge untuk SNES dan fungsi multimedia dihilangkan.Mesin yang baru ini difokuskan untuk software game.Sony menanamkan chip 3D pada mesin yang baru.Bersamaan dengan pendesainan ulang tersebut Sony juga mulai mendekati developer software game untuk bekerja sama membuat game untuk mesin barunya tersebut termasuk didalamnya Namco dan Konami.


Sejarah da Pengenalan Paystation


Akhirnya pada tanggal 3 Desember 1994 diluncurkan Playstation di Jepang seminggu setelah diluncurkannya Sega Saturn.Software game yang tersedia pada saat peluncuran adalah antara lain King’s Field,Crime Crackers dan Ridge Racer. Peluncuran mesin tersebut sukses besar ditandai dengan terjadinya antrian panjang pembeli yang ingin membeli mesin  dari Sony ini. Banyak pembeli yang menyukai disain controllernya yang nyaman di tangan dan memudahkan mereka dalam memasukan kombinasi-kombinasi tombol yang digunakan dalam game yang mereka mainkan.Tercatat kurang lebih 300.000 unit yang terjual dalam bulan pertama.


Pada pertengahan 1995 Sony mulai bersiap untuk meluncurkan PlayStation di Amerika maka berdirilah Sony Computer Entertaiment of America yang bermarkas di Foster City – Los Angels. Mereka mempersiapkan diluncurkan PlayStation di Amerika dengan merangkul developer-developer game Amerika.Pada tanggal 11 – 13 Mei 1995 ditampilkanlah Playstation di Amerika pada ajang The Electronic Entertainment Expo (E3) di Los Angeles dan mendapatkan sambutan yang sangat meriah.


Dan akhirnya pada 9 September 1995 Playstation resmi diluncurkan di Amerika dengan harga $299dan seperti yang terjadi di jepang penjualan di Amerika terbilang sangat sukses.Lebih dari 100.000 unit sudah dipesan sebelum peluncuran .17 software game tersedia pada peluncuran.Diberitahukan banyak toko kehabisan stok unit dan peripheral bahkan controller bekas dan memory card bekas pun laris terjual.Setelah peluncuran di Amerika,pada tanggal 29 September 1995 PlayStation diluncurkan di Eropa,kemudian di susul di Oceania pada bulan Nopember 1995.Pada bulan Mei 1996,Sony memotong harga PlayStation menjadi $199 yang semakin membuat penjualan PlayStation meningkat.

Sejarah da Pengenalan Paystation


0 komentar:

Posting Komentar