26 November 2017

Cara menginstall dan konfigurasi FTP Server pada Debian Server 8



Assalamu’alaikum WR., WB.  Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara menginstall dan konfigurasi FTP Server pada Debian Server 8. Sebelum kita memasuki tahap atau langkah – langkah dalam penginstallan, kita harus mengetahui terlebih dahulu “apakah yang dimaksud dengan FTP”. FTP (File Transfer Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk melakukan penukaran atau saling bertukar file melalui sebuah jaringan. Dimana FTP seringkali digunakan untuk keperluan seseorang dalam mendownload sebuah file dari server maupun untuk mengupload file ke sebuah server tertentu.


Kemudian cara kerja dari protokol FTP ini hampir sama dengan protokol lainnya. Dimana pada keadaan default, FTP berjalan pada port 21 dan bekerja pada protocol TCP/IP. Selanjutnya dalam FTP Server, kita bisa menggunakan dua cara satu User Authentication Login (Password Protected) dan yang kedua Anonymous LogIn (Guest OK).

Terdapat dua aplikasi yang paling popular untuk melakukan instalasi dan konfigurasi FTP server pada distro Debian, diantaranya yaitu ProFTPd dan Vsftpd. Pada kesempatan kali ini saya menggunakan ProFTPd, Berikut ini merupakan langkah- langkah untuk install dan konfigurasi FTP pada Debian Server 8 :


  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall aplikasi proftpd. Dimana untuk dapat menginstall proftpd dapat dilakukan dengan menuliskan script seperti dibawah ini :

     
                        menginstall aplikasi proftpd


     menginstall aplikasi proftpd

    Kemudian jika muncul sebuah pertanyaan untuk lanjut, masukkan ‘y/Y’ untuk menjalankan instalasi pada proftd.

  • Langkah selanjutnya masuk kedalam konfigurasi ProFTPD, pada bagian ini pilih “Standalone”  kemudian OK.


    konfigurasi ProFTPD



  • Langkah berikutnya adalah buka file yang terdapat pada /etc/proftpd/proftpd.conf. Dimana untuk membuka file tersebut dapat dilakukan dengan menuliskan script seperti dibawah ini :


                  buka file yang terdapat pada /etc/proftpd/proftpd.conf.

    buka file yang terdapat pada /etc/proftpd/proftpd.conf.


  • Setelah itu tambahkan script dibawah ini ke dalam baris paling akhir kemudian pilih save/simpan.

script

script



  • Langkah selanjutnya yaitu lakukan restart pada service nya. Dimana untuk membuka file tersebut dapat dilakukan dengan menuliskan script seperti dibawah ini :

                       restart pada service nya


    restart pada service nya

    Kemudian jika muncul sebuah pertanyaan untuk lanjut, masukkan ‘ok’ untuk menjalankan restart servicenya.


  • Langkah berikutnya adalah proses pengecekan. Dimana pengecekan ini dapat dilakukan dengan cara membuka web browser kemudian masukkan/ketikkan pada address bar "ftp://sibro.id" atau "ftp://192.168.2.2"  kemudian masukkan username dan passwordnya.

                     
                     pengecekan


                     pengecekan

  • Kemudian jika dapat berjalan atau berhasil, maka akan muncul sebuah tampilan seperti pada gambar di bawah ini :

                       





0 komentar:

Posting Komentar

 

My university

Blogroll