9 Mei 2016

All About "Universitas Indonesia"



Profil (Latar Belakang)

Universitas Indonesia, biasa disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.


Universitas Indonesia
Lambang Universitas Indonesia
                                                                          
Lambang UI diciptakan pada tahun 1952 oleh Sumartono (menggunakan nama alias Sumaxtono), mahasiswa jurusan Seni Rupa di Fakulteit Teknik, Universitas Indonesia Bandung. Desain Sumaxtono terinspirasi dari kala-makara (Kala dan Makara masing-masing adalah tokoh dalam mitologi Hindu), salah satu dekorasi dalam banyak candi Hindu di Indonesia. Dalam dekorasi candi, Kala berada di atas dan Makara berada di bawah pada bagian pintu masuk yang mengindikasikan kala sebagai kekuatan di atas (kekuatan matahari) dan makara sebagai kekuatan di bawah (kekuatan bumi). Kedua kekuatan itu dipadukan dan distilir Sumaxtono menjadi makara yang melambangkan Universitas Indonesia sebagai baik sumber ilmu pengetahuan, maupun hasilnya, yang menyebar ke segala penjuru.

Secara keseluruhan, lambang UI menggambarkan Pohon Ilmu Pengetahuan yang tumbuh subur karena air yang mengalir terus-menerus dari bawahnya. Pohon berikut cabang dan kuncup melambangkan ilmu pengetahuan dengan cabang-cabang ilmu pengetahuannya, sementara kuncup suatu saat akan mekar dan menjadi cabang ilmu pengetahuan baru. Kuncup-kuncup itu akan senantiasa mekar selama pohon ilmu pengetahuan itu hidup. Dengan demikian, Sumaxtono ingin menyatakan bahwa cabang-cabang ilmu pengetahuan akan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan zaman.

Makara yang mengalirkan air melambangkan hasil yang memancar ke segala penjuru. Makna yang diberikan Sumaxtono adalah Universitas Indonesia sebagai sumber ilmu pengetahuan, akan menghasilkan sarjana-sarjana yang cerdas, terampil, penuh ketakwaan, berbudi luhur, dan berkepribadian, serta bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi serta masalah yang dihadapi masyarakat, dan mampu menyelesaikannya sesuai dengan kaidah-kaidah akademik, di mana pun mereka berada.

Rancangan desain berikut maknanya diperlihatkan oleh Sumaxtono kepada Srihadi Soedarsono (mahasiswa Seni Rupa FT-UI, Bandung Angkatan 1952) pada tahun 1952. Hanya saja, tidak diketahui kapan dan siapa yang mengesahkan lambang UI tersebut. Buku pertama yang menggunakan lambang Universitas Indonesia di sampulnya untuk pertama kali adalah buku Universiteit Indonesia, Fakulteit Teknik, Bandung: Rentjana Untuk Tahun Peladjaran 1952-1953 (Percetakan AID, Bandung, 120 hlm.) menggunakan lambang Universitas Indonesia untuk pertama kali seperti yang dibuat oleh Sumaxtono (tanpa bingkai segilima).

Secara umum, Makara Universitas Indonesia berwarna kuning, sedangkan setiap fakultas di UI memiliki warna Makara/panji yang berbeda-beda, yaitu :


  • Hijau untuk Fakultas Kedokteran
  • Hijau - putih untuk Fakultas Kedokteran Gigi
  • Biru - hitam untuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Biru untuk Fakultas Teknik
  • Merah untuk Fakultas Hukum
  • Abu-abu untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Putih untuk Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
  • Biru Muda untuk Fakultas Psikologi
  • Jingga untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Merah - Ungu untuk Fakultas Ilmu Administrasi
  • Ungu untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Biru - merah untuk Fakultas Ilmu Komputer
  • Biru muda - biru - biru muda untuk Fakultas Ilmu Keperawatan
  • Biru - hijau untuk Fakultas Farmasi
  • Cokelat untuk Program Pascasarjana
  • Hijau - jingga -biru untuk Program Vokasi (DIII)


Universitas Indonesia adalah kampus yang modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan. Sementara itu, UI juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktifitas penelitian melalui sejumlah disiplin ilmu yang ada dilingkupnya.

Cikal bakal UI pun bermula pada tahun 1849 dan UI merupakan representasi institusi pendidikan dengan sejarah paling tua di Asia. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni, UI secara kontinyu melanjutkan peran pentingnya di level nasional dan dunia. Bagaimanapun UI tidak bisa melepaskan diri dari misi terkininya menjadi institusi pendidikan berkualitas tinggi, riset standar dunia dan menjaga standar gengsi di sejumlah jurnal internasional.


Membangun UI adalah Membangun Bangsa

Prof. Dr. Usman Chatib Warsa


Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Mewujudkan Universitas Indonesia menjadi PTN BH yang mandiri dan unggul serta mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global, menuju unggulan di Asia Tenggara.

Misi


  1. Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global.
  3. Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global.
  4. Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi UI

Tujuan


  1. Pendidikan yang inklusif
  2. Peserta didik agar menjadi lulusan yang cerdas dan bernurani
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan kebudayaan
  4. Peran serta aktif sivitas akademika dalam pembangunan dan pengabdian masyarakat
  5. Peran sebagai penyelenggara pendidikan tinggi dan kerjasama
  6. Kolaborasi, kemitraan, dan kesempatan untuk pengayaan budaya dan pendidikan berkelanjutan
  7. Pengembangan profesional bagi semua warga Ul dan dalam teknologi yang bermanfaat


Isi dan Informasi

Universitas Indonesia merupakan salahsatu perguruan tinggi ternama di Jakarta. Banyak sekali dari penjuru sabang sampai merauke yang ingin kuliah disana. Karena Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi prestasi yang masuk di berbagai bidang termasuk IPTEK. Universitas Indonesia saat ini juga banyak menghasilkan tenaga tenaga muda lulusan terbaik yang keluar dari Kampus ini. Jika ingin melihat profil sekaligus nama dari Universitas Indonesia maka disini saya akan publish secara langsung untuk anda. Siapa tahu anda berminat kulitah disini. 

Dalam jaringan internasional, UI secara aktif mengembangkan kerja sama global dengan banyak perguruan tinggi ternama dunia. Selain itu, UI saat ini juga memperkuat kerjasamanya dengan beberapa asosiasi pendidikan dan riset diantaranya: APRU (Association of Pacific Rim Universities) dengan peran sebagai Board of Director, AUN (ASEAN University Network), and ASAIHL (Association of South East Asia Institution of Higher Learning).

Lokasi Kampus Unversitas Indonesia

Secara geografis, posisi kampus UI berada di dua area berjauhan, kampus Salemba dan kampus Depok. Mayoritas fakultas berada di Depok dengan luas lahan mencapai 320 hektar dengan atmosfer green campus karena hanya 25% lahan digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kemahasiswaan. 75% wilayah UI bisa dikatakan adalah area hijau berwujud hutan kota di mana di dalamnya terdapat 6 danau alam.

Salemba



Kampus Salemba UI

Kampus UI Salemba terletak di daerah Salemba, Jakarta Pusat. Fakultas yang berada di kampus ini adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan beberapa Program Pascasarjana Multidisplin, program Ekstensi dan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi, serta laboratorium Fakultas Teknik. Khusus untuk Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi program S1/sarjana sejak 2013 lalu telah pindah ke kampus utama UI Depok untuk urusan akademis sedangkan urusan administrasi tetap di Salemba, Jakarta Pusat.


Depok
 

Universitas Indonesia
Kampus Depok UI

Kampus utama UI Depok, terletak di perbatasan antara kota madya Jakarta Selatan dengan Kota Depok, Jawa Barat, dibangun pada pertengahan tahun 1980-an untuk mengakomodasi modernisasi universitas menuju visi UI universitas riset kelas dunia. Saat ini, Kampus Depok adalah kampus utama Universitas Indonesia. Sebagian besar fakultas di UI (MIPA, Teknik, Psikologi, Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ilmu Komputer, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Ilmu Administrasi) berada di sini dan sejak 2013, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi pun telah pindah ke Depok untuk urusan akademis dan proses perkuliahan.

Kampus utama UI Depok dilewati oleh rel kereta rel listrik (KRL/commuter line) Jakarta-Bogor sehingga mahasiswa mendapatkan kemudahan transportasi dengan adanya 2 stasiun di lingkungan kampus yaitu Stasiun UI dan Stasiun Pondok Cina.

Perpustakaan Pusat Universitas juga terletak di sini. Selain itu terdapat pula berbagai fasilitas lain seperti Pusat Administrasi Universitas, Pusat Kegiatan Mahasiswa, gymnasium, stadion, lapangan hoki, penginapan (Wisma Makara), agen perjalanan Makara Tour & Travel, dan asrama.

Fasilitas UI

Perpustakaan

UI memiliki perpustakaan dengan luas bangunan 30.000 m2 serta terdiri atas delapan lantai. Pemancangan tiang perdana dilakukan Senin (1/6/2009) ditargetkan pembangunnya selesai pada Desember 2009. Gedung perpustakaan tersebut dirancang dengan konsep "sustainable building" yang mana kebutuhan energi menggunakan sumber terbarukan yakni energi matahari (solar energy) selain itu di dalam gedung tidak diperbolehkan menggunakan plastik. Area baru tersebut bebas asap rokok, hijau serta hemat listrik, air, dan kertas. Perpustakaan pusat UI tersebut akan mampu menampung sekitar 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau sekitar 20.000 orang per hari selain itu juga akan menampung 3-5 juta judul buku. Perpustakaan ini terbuka juga untuk umum.

Asrama

UI memiliki dua asrama, yaitu Asrama Mahasiwa UI Depok dan Asrama Mahasiswa UI Wismarini. Asrama pertama terletak di kampus Depok, dengan kapasitas 480 kamar putra dan 615 kamar putri, yang setiap kamarnya dapat diisi satu hingga tiga orang. Sementara Asrama yang lain terletak di Jl. Otto Iskandardinata no. 38 Jakarta Timur dengan kapasitas 72 kamar putra dan 111 kamar putri. Asrama Mahasiswa UI Wismarini ini khusus disediakan bagi mahasiswa yang kuliah di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan program lain yang berada di kampus UI Salemba.

Balai Mahasiswa

Balai mahasiswa UI Salemba merupakan salah satu fasilitas yang ada di bawah koordinasi Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni. Gedung berkapasitas 300 orang ini sering digunakan untuk berbagai kegiatan seperti seminar, rapat, dan lain-lain. Selain untuk para mahasiswa dan warga UI, gedung ini juga disewakan untuk umum.

Fasilitas dan sarana olahraga

Fasilitas dan sarana olahraga yang dimiliki oleh UI antara lain :

Stadion

  • Lapangan sepak bola & futsal
  • Lompat jangkit
  • Atletik


Indoor (gymnasium)

  • Lapangan bulu tangkis
  • Lapangan bola voli
  • Lapangan bola basket


Outdoor

  • Lapangan hoki
  • Lapangan tenis (4 line)
  • Lapangan basket (3 line
  • Lapangan voli (3 line)
  • Lapangan bulutangkis (1 line)


Pusat kegiatan mahasiswa

Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) UI merupakan tempat berbagai kegiatan mahasiswa UI. Disini terdapat sekretariat berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada di UI. Selain itu, terdapat pula berbagai fasilitas yang dapat dipergunakan oleh para mahasiswa UI. Fasilitas itu antara lain aula yang dapat menampung kurang lebih 300-400 orang.

Wisma Makara

Wisma Makara terletak di sebelah Asrama Mahasiswa UI Depok. Tempat ini digunakan sebagai sarana akomodasi di daerah Jakarta Selatan dan kota Depok, dan sering digunakan untuk kegiatan seperti seminar, pelatihan, lokakarya, dan lain-lain.

Pusat kesehatan mahasiswa

Tujuan sarana ini untuk melayani beberapa kebutuhan penting mahasiswa yaitu: Kegiatan Mahasiswa dan sivitas Universitas Indonesia yang memerlukan obat-obatan dan tenaga medis, Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru, Poliklinik, Apotek, Bimbingan Konseling Mahasiswa.


Bus kampus

 
Universitas Indonesia
Bus Kampus UI

Bus kampus disediakan untuk melayani kebutuhan transportasi mahasiswa di dalam kampus UI Depok. Di kalangan warga UI, bus ini lebih dikenal dengan sebutan Bis Kuning (Bikun), karena bus ini memiliki warna dominan kuning. Hingga tahun 2005, UI telah memiliki 20 unit Bus Kampus. Bus-bus tersebut secara rutin akan melayani 2 rute yang ada di dalam kampus pada hari Senin-Jumat, mulai pukul 07:00-22:00. Sementara pada hari Sabtu hanya sampai pukul 15:00 WIB dan libur pada hari minggu. Kedua rute tersebut ialah rute merah dan rute biru. Rute merah dan rute biru meliputi halte-halte sebagai berikut :

Rute merah dimulai dari Asrama Mahasiswa Universitas Indonesia - Halte Resimen Mahasiswa - Pemberhentian Stasiun UI - Halte Fakultas Hukum - Halte Stasiun Pondok Cina/PLK UI - Halte Fakultas Kesehatan Masyarakat/PKM - Halte Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Halte Politeknik Negeri Jakarta - Halte Program Vokasi - Pemberhentian Fakultas Teknik-Gerbang Kukusan Teknik-Gedung PKM Baru - Halte Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Pemberhentian Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, FISIP, dan Fakultas Psikologi - Pemberhentian Stasiun UI (lagi) - Halte Resimen Mahasiswa (lagi) - kembali ke Asrama Mahasiswa Universitas Indonesia

Rute bIru dimulai dari Asrama Mahasiswa Universitas Indonesia - Halte Resimen Mahasiswa - Pemberhentian Stasiun UI - Halte Fakultas Psikologi - Halte Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Halte Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya - Halte Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Halte Fakultas Teknik - Halte Program Vokasi - Halte Politeknik Negeri Jakarta - Halte Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Halte Fakultas Kesehatan Masyarakat - Halte RIK (Rumpun Ilmu Kesehatan) - Halte Stasiun Pondok Cina/PLK UI - Halte Masjid Ukhuwah Islamiyah UI - Pemberhentian Fakultas Hukum - Pemberhentian Stasiun UI (lagi), Halte Resimen Mahasiswa (lagi) - kembali ke Asrama Mahasiswa Universitas Indonesia.

Sepeda kampus


 
Sepeda Kampus UI

Sejak tahun 2007, UI menyediakan fasilitas peminjaman sepeda kepada mahasiswanya. Sepeda dapat digunakan oleh mahasiswa dengan cara menunjukan KTM ke petugas yang menjaga. Sepeda dapat digunakan sepuasnya, tetapi tidak boleh keluar dari jalur sepeda yang telah disediakan. Sepeda juga boleh dikembalikan di terminal mana saja. Jadi apabila mahasiswa meminjam sepeda dari terminal sepeda Fisip, mahasiswa tersebut boleh mengembalikan sepeda yang dipinjam ke terminal FIB atau terminal mana saja yang ada di UI. Untuk mengembalikan sepeda, caranya sama dengan meminjam yakni dengan menunjukkan KTM ke petugas penjaga. Sepeda kampus melayani mahasiswa hingga pukul 17:00.



Keuntungan dan Kelebihan Universitas Indonesia (Pendapat Pribadi) :

Kelebihan :

Jika dilihat dari websitenya http://www.ui.ac.id , bisa kita ketahui bahwa segala informasi yang ada pada website tersebut sangatlah lengkap. Mulai dari profil universitas, visi dan misi, serta segala informasi berupa fasilitas - fasillitas dan program yang ditawarkan oleh universitas tersebut. Kelebihan yang selanjutnya yaitu website ini aktif dan selalu mengupdate segala informasi yang ada didalamnya. Hal ini bisa terlihat dari semua acara dan event – event yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, dan juga informasi tentang penerimaan mahasiswa baru di kampus tersebut. Kelebihan yang terakhir dari website ini adalah dapat digunakan dan dijalankan dengan mudah. Dimana website tersebut memiliki desain tata letak yang sangat simple dan warna yang tidak terlalu banyak, sehingga user dapat dengan nyaman dan mudah mengakses segala informasi yang ada pada universitas tersebut.

Kekuragan :
 
Menurut saya, kekurang yang terdapat pada website ini adalah minimnya detail informasi yang ditawarkan dan yang ada di website tersebut. Jika kita mengakses website tersebut maka pada beranda website akan menampilkan berita – berita tentang berbagai macam event yang ada di kampus tersebut. Ketika user ingin mengakses informasi tentang fasilitas yang ada pada web tersebut maka user akan merasa sedikit kesulitan, hal ini dikarenakan jika user ingin mengakses informasi lain yang lebih mendalam tentang UI, maka user harus beberapa kali pindah page untuk menemukan atau mengakses informasi  yang dibutuhkannya. Tetapi itu hanya sedikit kekurangan yang ada pada website tersebut dan menurut saya pribadi, website ini sudah sangat bagus dan layak untuk digunakan sebagai website salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia  yaitu “Universitas Indonesia”.


SUMBER :


0 komentar:

Posting Komentar

 

My university

Blogroll