1 Januari 2016

Review Plants vs Zombies 2


 
Gameplay

Gameplay dari Plants vs Zombies 2 masih mirip dengan versi pertamanya, kamu harus mempertahankan sebuah rumah dari serangan zombie yang datang dari sebelah kanan. PvZ 2 juga mempunyai beberapa plants (tower) dan juga beberapa tower klasik dari sebelumnya. Namun perubahan paling signifikan bukan dari core gameplaynya namun dari bagaimana cara kamu maju ke level selanjutnya.



Review Plants vs Zombies 2


Plants vs Zombies terbagi atas 3 dunia dengan tema yang berbeda mulai dari zaman mesin kuno sampai dengan tema koboi. Setiap dunia terdiri dari sekitar 20 level, namun tidak semua level dapat langsung dimainkan. Ada beberapa gerbang yang harus dibuka dengan menggunakan kunci. Kunci ini didapat dari bermain biasa, namun kemungkinan drop rate-nya cukup kecil sehingga kamu mungkin harus mengulang beberapa level sampai mendapatkan kunci.

Review Plants vs Zombies 2

Dalam 1 dunia terdapat sekitar 4 gerbang yang harus kamu buka dengan kunci. Setiap gerbang harus dibuka dengan kunci sebanyak 4-6 kunci, jadi kamu bisa bayangkan bahwa Plants vs Zombies 2 akan memaksa kamu untuk sedikit melakukan grinding. Tapi tentu saja jika kamu tidak suka grinding maka kamu dapat membayar Rp. 19.000 untuk membuka gerbang secara instant.

Setelah urusan gerbang selesai maka selanjutnya kamu harus berurusan dengan bintang. Bintang diperlukan untuk bisa maju ke dunia selanjutnya. Jika kamu menyelesaikan semua level sebanyak 1x maka bintang yang kamu dapat tidak akan cukup untuk membawa kamu ke dunia selanjutnya dan ini berarti kamu harus mengulang beberapa level untuk mendapatkan bintang. Namun seiring kamu mengulang sebuah level akan ada tantangan yang harus dipenuhi, misalkan jangan sampai kehilangan 1 plants. Jika gagal memenuhi tantangan ini maka tidak akan ada bintang walaupun kamu berhasil mengalahkan levelnya.

Review Plants vs Zombies 2

Untuk variasi gameplay Plants vs Zombies 2 menawarkan lebih banyak mode seperti mencocokkan tile yang dibawa oleh zombie atau kamu akan diberikan sejumlah sun di awal dan harus membangun plants dengan budget yang terbatas. Selain itu ada sebuah mode baru dalam setiap world yang secara tidak langsung merupakan endless tower namun dengan sistem level progresif.

Overall Plants vs Zombies 2 ini tidak terlalu berbeda jauh dengan seri sebelumnya. Namun kali ini kamu harus melakukan grinding yang sebenarnya bukan hal buruk. Saya have fun dengan proses grindingnya walaupun terkadang sebuah level bisa cukup sulit dan membutuhkan 3-4 kali percobaan untuk menemukan penempatan plants yang tepat. Namun kamu dengan jelas bisa melihat pergeseran dari sebuah game casual ke game yang sedikit mid-core.

Presentation

Review Plants vs Zombies 2

Plants vs Zombies 2 mempunyai kualitas grafis yang baik sekali. Grafisnya jauh lebih tajam dan detail jika dibandingkan dengan versi sebelumnya tapi tetap mengandalkan gaya 2 dimensi. Dengan begitu banyak variasi plants dan zombies saya rasa kamu tidak akan pernah bosan melihat gambar yang ditampilkan oleh PvZ 2. Sound dan musiknya juga masih menggunakan nuansa yang mirip dengan seri sebelumnya sehingga segi presentasi dari Plants vs Zombies 2 akan membuat kamu sangat familiar dengan gamenya jika kamu sudah pernah memainkan seri sebelumnya.

Pricing & IAP

Saya sudah mempunyai artikel detail mengenai pricing & IAPnya di sini. Kesimpulannya, Plants vs Zombies 2 memang mempunyai banyak titik yang dapat dijadikan IAP namun sampai sekarang saya tidak sampai merasa harus membeli IAP, walaupun memang beberapa tower seperti Jalapeno sangat menggoda untuk dibeli. Namun untungnya beberapa power up yang dijual dapat kamu gunakan seiring game berjalan (tidak perlu beli jika cukup sabar bermain).

Verdict

Plants vs Zombies 2 adalah game yang super fun untuk dimainkan. Walaupun banyak IAP yang diimplementasikan dalam game ini namun tidak ada keharusan untuk membelinya. Bahkan saya tidak keberatan jika harus membayar Rp 9.500- 19.000 untuk game ini dan tetap mempunyai IAP yang sama. Plants vs Zombies 2 tidak mempunyai peningkatan yang signifikan namun improvement di sana-sini membuat game ini wajib dimiliki oleh kamu.


Sumber : id.techinasia.com

0 komentar:

Posting Komentar