Revolusi
Digital adalah perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke
teknologi digital yang telah terjadi sejak tahin1980 dan berlanjut sampai hari
ini. Revolusi itu pada awalnya mungkin dipicu oleh sebuah generasi remaja yang
lahir pada tahun 80-an. Analog dengan revolusi pertanian, revolusi industri,
revolusi digital menandai awal era informasi. Revolusi digital ini telah
mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang sangat canggih
saat ini. Sebuah teknologi yang membuat perubahan besar kepada seluruh dunia,
dari mulai membantu mempermudah segala urusan sampai membuat masalah karena
tidak bisa menggunakan fasilitas digital yang semakin canggih ini dengan baik
dan benar. Berikut sejarah singkat mengenai Revolusi digital dalam perkembangan
teknologi dunia.
Sejarah Teknologi
Teknologi
yang mendasar ditemukan pada tahun 1980 ini dan menjadi ekonomis untuk diadobsi
secara luas setelah penemuan Personal computer. Teknologi revolusi digital
dikonversi sebelumnya adalah analog ke dalam sebuah format digital. Dalam
komunikasi digital misalnya perangkat keras mengulangi kemampuan mampu
memperkuat sinyal digital dan menyebarkannya tanpa kehilangan informasi dalam
sinyal. Hal yang sama pentingnya dengan revolusi adalah kemampuan untuk dengan
mudah memindahkan informasi digital antara media, dan untuk mengakses atau
mendistribusikannya jarak jauh.
Perkembangan teknologi Digital
Perkembangan Komputer
Komputer
adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta
dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan
data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu
langkah instruksi-instruksi program dan tersimpan di memori ( storage program
). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan
data elektronik (PDE) atau Elektronik Data Processing (EDP). Pengolahan data
adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti
berupa informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Komputer yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja
melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Lahirnya World Wide
Web/WWW
Pada tahun 1992 World Wide Web dirilis ke dengan 1996, internet berada dikesadaran mainstream dan banyak bisnis website yang tercantum dalam iklan mereka. Pada tahun 1999, hampir setiap negara memiliki sambungan, dan lebih dari setengah Amerika menggunakan internet secara teratur. Pada tahun 1989, 15% rumah tangga di Amerika serikat komputer yang dimiliki, pada tahun 2000, ini adalah sampai dengan 51%
Pada tahun 1992 World Wide Web dirilis ke dengan 1996, internet berada dikesadaran mainstream dan banyak bisnis website yang tercantum dalam iklan mereka. Pada tahun 1999, hampir setiap negara memiliki sambungan, dan lebih dari setengah Amerika menggunakan internet secara teratur. Pada tahun 1989, 15% rumah tangga di Amerika serikat komputer yang dimiliki, pada tahun 2000, ini adalah sampai dengan 51%
Ponsel
Ponsel menjadi pemandangan
umum dinegara-negara barat, dengan bioskop mulai menampilkan iklan memberitahu
orang-orang untuk membungkam ponsel mereka. Martin Cooper merupakan penemu
ponsel yang digunakan lebih dari separuh populasi dunia. Handset pertama
dilahirkannya pada 1973 dengan bantuan tim Motorola dengan berat dua kilogram.
Ketika dia menderita di jalanan New York dan membuat panggilan ponsel pertama
dari prototipe ponselnya, dia tidak pernah membayangkan perangkat buatannya
itu akan sukses suatu saat. Dari analog ke sinyal digital
Situs
Jejaring SosialSitus jejaring Sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan
yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list yang tersedia,
serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut.
Hubungan antara perangkat mobile dan halaman web internet melalui “jaringan
sosial” telah menjadi standar dalam komunikasi digital. Awal mula situs
jejaring sosial ini muncul pada tahun 1997 dengan beberapa situs yang lahir
berbasiskan kepercayaan setelah itu kejayaan situs jejaring sosial mulai
diminati, mulai dari tahun 2000-an serta 2004 muncul situs pertemanan bernama
friendster lanjut ke tahun-tahun berikutnya tahun 2005 dan seterusnya muncul
situs-situs seperti Myspace, Facebook, Twitter dan lain-lain. Zaman semakin
canggih karena teknologi yang selalu diperbaharui, segala sesuatu saat ini
lebih mudah dilakukan. Selain dampak positif banyak dampak negatif yang
ditimbulkan dari jejaring sosial.
Teknologi
Digital Semakin Berkembang Semakin canggihnya teknologi digital masa kini
membuat perubahan besar terhadap dunia, lahirnya berbagai macam teknologi
digital yang semakin maju telah banyak bermunculan. Berbagai kalangan telah
dimudahkan dalam mengakses suatu informasi melalui banyak cara, serta dapat
menikmati fasilitas dari teknologi digital dengan bebas dan terkendali. Tetapi
di sayangkan semakin berkembangnya teknologi justru semakin banyaknya kejahatan
yang terdeteksi. Maka dari itu segala sesuatunya harus memiliki perlindungan
hak cipta dan mengontrol anak-anak dan remaja khusunya. Begitu banyak game
online yang menyebabkan kerusakan mental anak saat ini, pornografi dan pelanggaran
hak cipta pun banyak dilanggar.
Konversi teknologi
•
Catatan Gramophone perkembangan ke CD ke Mp3 :
Awalnya,
piringan hitam sebuah alat yang memiliki pena yang bergetar untuk menghasilkan
bunyi dari sebuah disc, alat yang diperlukan untuk memutar piringan hitam
adalah Gramophone seiring berkembangnya teknologi kemudian piringan hitam
berfungsi untuk merekam suara ataupun video dan setelah itu berkembang menjadi
CD, CD dibuat dalam usaha merampingkan media penyimpanan musik dengan
memperbaiki kualitas suara yang dihasilkan. Kemudian MP3, untuk mempermudah
dalam mendengar ataupun memutar video atau musik.
•
VHS tape untuk DVD untuk Blu-ray :
Format baru
untuk menyimpan data berupa video. Format ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan
akan teknologi HDTV (High Definition TV) yang menjanjikan kualitas video yang
jauh lebih tajam. Sekeping Blu-ray dengan single-layer mampu menyimpan data
hingga 27 GB. Hal ini setara dengan 2 jam video dengan kualitas tinggi (High
definition) atau sekitar 13 jam dengan kualitas video standar. Sedangkan
untuk double layer, mampu menampung hingga 54 GB untuk sekitar 4,5 jam video
dengan kualitas tinggi atau 20 jam dengan kualitas video standar. Bahkan ada
rencana untuk mengembangkan terus ukurannya hingga dua kali lebih besar.
Ø Analog penyiaran
untuk penyiaran digital
Ø Telepon umum ke
ponsel
Ø E-book
Ø Mail ke email
Ø Analog fotografi
ke fotografi digital
Teknologi Digital Cinema
Untuk
pengertian dari film sendiri adalah suatu cerita yang disampaikan dengan gambar
bergerak. Hal ini dihasilkan oleh merekam gambar foto dengan kamera, atau
dengan membuat gambar menggunakan teknik animasi atau efek visual. Proses
pembuatan film telah berkembang menjadi sebuah bentuk seni dan industri.
Digital
cinema mengacu pada penggunaan teknologi digital untuk mendistribusikan dan
proyek film. Sebuah film bisa didistribusikan melalui hard drive, optical disk
(seperti DVD) atau satelit dan diproyeksikan menggunakan proyektor digital
bukan proyektor film konvensional. Bioskop digital adalah berbeda dari televisi
definisi tinggi dan, khususnya, tidak tergantung pada menggunakan standar
televisi atau HDTV, rasio aspek, atau tingkat frame. proyektor digital mampu
resolusi 2K mulai menggunakan pada tahun 2005, dan sejak tahun 2006, laju pertumbuhan
ekonomi telah mempercepat (2K mengacu pada gambar dengan resolusi 2.048 piksel
horizontal).
Sedangkan
mengacu dari sejarahnya, adalah sebagai berikut, media digital pemutaran
resolusi tinggi 2K file memiliki setidaknya sejarah dua puluh tahun dengan
serangan awal sistem makan frame buffer kustom dengan kenangan besar. Konten
biasanya dibatasi hingga beberapa menit material. Mentransfer konten antar
lokasi terpencil sangat lambat dan memiliki kapasitas yang terbatas. Tidak
sampai akhir 1990-an yang menampilkan proyek panjang bisa dikirim melalui
‘kawat’ (Internet atau link fiber dedicated). Banyak dikembangkan sistem
prototipe yang klaim pertama dalam beberapa bentuk presentasi digital. Namun,
hanya sedikit ini memiliki dampak yang signifikan terhadap kemajuan industri.
Menyoroti kunci dalam perkembangan sinema digital mungkin akan mencakup:
demonstrasi oleh TI teknologi DMD mereka, real-time pemutaran file hi-resolusi
dikompresi oleh berbagai vendor, dan awal HD presentasi dari tape D5 untuk proyektor
digital.
Rekaman Digital
Pada 2009,
media akuisisi yang paling umum untuk fitur digital diproyeksikan adalah 35 mm
film dipindai dan diproses pada 2K (2048 × 1080) atau 4K (4096 × 2160) resolusi
melalui digital intermediate [rujukan?]. Sebagian besar fitur digital sampai
saat ini ditembak di 1920×1080 resolusi HD menggunakan kamera seperti CineAlta
Sony, Panavision Kejadian atau Thomson Viper. Kamera baru seperti Alexa Arri
dapat menangkap 3,5 K resolusi gambar, dan Red Camera Digital Cinema Perusahaan
Merah Satu dapat merekam 4K. Pangsa pasar dari proyeksi 2K di bioskop digital
lebih dari 98%. Saat ini dalam pembangunan kamera lain mampu merekam RAW 4K,
seperti Dalsa Corporation Asal dan Canon 4K “Serbaguna”, dan mampu rekaman 5K,
seperti EPIC RED kamera, dan kamera mampu merekam 3K (bagi para pembuat film
anggaran) seperti yang RED Scarlet. Epic Red camera Pasca Produksi Digital dalam proses pasca-produksi, negatif film kamera-asli (film yang secara fisik
berlari melalui kamera) dipindai ke dalam format digital pada scanner atau
telecine resolusi tinggi. Data dari film kamera digital mungkin akan diubah ke
format file gambar dengan nyaman untuk bekerja di fasilitas. Semua file
tersebut ‘sesuai’ untuk mencocokkan suatu mengedit daftar yang dibuat oleh editor
film, dan kemudian warna dikoreksi di bawah arahan staf film. Hasil akhir
pasca-produksi adalah perantara digital yang digunakan untuk merekam gambar
gerak untuk film dan / atau untuk rilis sinema digital.
Digital Mastering
Ketika
semua gambar, suara, dan elemen data dari sebuah produksi telah selesai, mereka
mungkin dirakit Perjanjian Penyaluran Digital Cinema Master (DCDM) yang berisi
seluruh bahan digital yang dibutuhkan untuk proyeksi. Gambar dan suara kemudian
dikompresi, dienkripsi, dan dikemas untuk membentuk Digital Cinema Paket (DCP).
Proyeksi Digital
Saat ini
ada dua jenis proyektor untuk sinema digital. Awal DLP proyektor, yang
digunakan terutama di Amerika Serikat, digunakan terbatas resolusi 1280 × 1024
atau setara dengan 1,3 MP (megapiksel). Mereka masih banyak digunakan untuk
iklan pre-show tapi tidak biasanya untuk presentasi fitur. Spesifikasi DCI
untuk proyektor digital panggilan untuk dua tingkat pemutaran harus didukung:
2K (2048 × 1080) atau 2,2 MP pada 24 atau 48 frame per detik, dan 4K (4096 ×
2160) atau 8,85 MP pada 24 frame per detik. Banyak
sekali contoh film yang menggunakan teknik digital cinema, seperti Spy Kids
3-D: Game Over [Dimension Films] (Digital 3D) (2003), The Nightmare Before
Christmas (Re-Release) [Disney] (XPan 3d, Real D, Dolby 3D) (2006), How to
Train Your Dragon [Paramount/Dreamworks, designed in stereoscopic 3D] (IMAX 3D,
Real D) (2010). Salah satu scene dalam film “How To Train Your Dragon”
0 komentar:
Posting Komentar