1.
Mendapatkan alamat IP Local
Listing
import
java.net.*;
public class getIP {
public static void main(String args[]) throws Exception {
InetAddress host = null;
host = InetAddress.getLocalHost();
byte ip[] = host.getAddress();
for (int i=0; i<ip.length; i++) {
if (i > 0) {
System.out.print(".");
}
System.out.print(ip[i] & 0xff);
}
System.out.println();
}
}
public class getIP {
public static void main(String args[]) throws Exception {
InetAddress host = null;
host = InetAddress.getLocalHost();
byte ip[] = host.getAddress();
for (int i=0; i<ip.length; i++) {
if (i > 0) {
System.out.print(".");
}
System.out.print(ip[i] & 0xff);
}
System.out.println();
}
}
Logika
Listing
diatas digunakan untuk melakukan Get IP local computer. Dimana
program akan mendapatkan alamat IP Local dari Komputer atau PC yang sedang kita
gunakan. Pada tahap awal akan dilakukan import library java.net yang akan
berfungsi untuk penggunaan library java
net. Kemudian akan dilakukan pendeklarasian variable InetAddress dengan nama host yang nantinya akan digunakan untuk
menyimpan alamat IP Local dari Komputer atau PC yang sedang digunakan.
Output
2. Mendapatkan
Host Name Komputer
Listing
import
java.net.*;
public class getName {
public static void main(String args[]) throws Exception {
InetAddress host = null;
host = InetAddress.getLocalHost();
System.out.println("Nama komputer Anda: " +
host.getHostName());
}
}
public class getName {
public static void main(String args[]) throws Exception {
InetAddress host = null;
host = InetAddress.getLocalHost();
System.out.println("Nama komputer Anda: " +
host.getHostName());
}
}
Logika
Pada
listing diatas dijelaskan tentang bagaimana cara program dalam mendapatkan nama
host komputer yang kita gunakan. Program akan melakukan pendeklarasian sebuah
variable kembali yang nantinya akan digunakan untuk InetAddress dengan nama “host”.
Dimana dengan objek tersebut, Program nantinya akan menjalankan method getHostName() yang ada pada class untuk
mencetak nama dari perangkat yang sedang
kita gunakan.
Output
3.
Mendapatkan Host Name berdasarkan IP
Listing
import
java.net.*;
public class IPtoName {
public static void main(String args[]) {
if (args.length == 0) {
System.out.println("Pemakaian: java IPtoName <IP address>");
System.exit(0);
}
String host = args[0];
InetAddress address = null;
try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch (UnknownHostException e) {
System.out.println("invalid IP - malformed IP");
System.exit(0);
}
System.out.println(address.getHostName());
}
}
public class IPtoName {
public static void main(String args[]) {
if (args.length == 0) {
System.out.println("Pemakaian: java IPtoName <IP address>");
System.exit(0);
}
String host = args[0];
InetAddress address = null;
try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch (UnknownHostException e) {
System.out.println("invalid IP - malformed IP");
System.exit(0);
}
System.out.println(address.getHostName());
}
}
Logika
Listing
diatas berfungsi untuk menampilkan
menampilkan Nama PC yang sedang digunakan ketika kita sudah mengetahui IP yang
terdapat di dalamnya dengan menggunakan IptoName. Dimana pada program ini terdapat sebuah percabangan if yang
nantinya akan digunakan untuk mengecek panjang dari array yang terdapat pada
fungsi utama. Jika pada saat pengecekean nilai
== 0, maka program akan mencetak suatu statement berupa “pemakaian
: java IPtoName “. Selanjutnya program akan keluar dan mendeklarasikan
kembali nilai variabel host yaitu
array 0 dan untuk variabel address
pada object InetAddress bernilai null.
Kemudian pada listing ini juga terdapat try
catch yang nantinya akan berguna jika terdapat kesalahan pada saat program
dijalankan, maka program akan menampilkan statement Invalid IP – malformed IP dan program akan otomatis keluar.
Namun jika tidak ditemukan kesalahan pada saat program dijalankan, maka program
akan mencetak nama komputer yang sedang digunakan.
Output
4.
Mendapatkan IP berdasarkan Host Name
Listing
import
java.net.*;
public class NsLookup {
public static void main(String args[]) {
if (args.length == 0) {
System.out.println("Pemakaian: java NsLookup <hostname>");
System.exit(0);
}
String host = args[0];
InetAddress address = null;
try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch(UnknownHostException e) {
System.out.println("Unknown host");
System.exit(0);
}
byte[] ip = address.getAddress();
for (int i=0; i<ip.length; i++) {
if (i > 0) System.out.print(".");
System.out.print((ip[i]) & 0xff);
}
System.out.println();
}
}
public class NsLookup {
public static void main(String args[]) {
if (args.length == 0) {
System.out.println("Pemakaian: java NsLookup <hostname>");
System.exit(0);
}
String host = args[0];
InetAddress address = null;
try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch(UnknownHostException e) {
System.out.println("Unknown host");
System.exit(0);
}
byte[] ip = address.getAddress();
for (int i=0; i<ip.length; i++) {
if (i > 0) System.out.print(".");
System.out.print((ip[i]) & 0xff);
}
System.out.println();
}
}
Logika
Listing
diatas berfungsi untuk menampilkan
alamat local IP dari PC yang sedang digunakan ketika kita sudah mengetahui nama
PCnya. Dimana Pada program ini terdapat sebuah percabangan if yang nantinya
akan digunakan untuk mengecek panjang dari array yang terdapat pada fungsi
utama. Jika nilainya == 0, maka program nantinya akan menampilkan statement
berupa “pemakaian : java NsLookup“. Kemudian
jika terdapat suatu kesalahan ketika program dijalankan, maka program akan
menampilkan statement Unknown host
dan program akan secara otomatis keluar. Namun jika tidak ditemukan kesalahan
maka program akan mencetak IP Local dari PC yang sedang digunakan.
Output
5. Aplikasi
Client-Server Sederhana
Listing (Server)
import java.io.*;
import java.net.*;
public class simpleServer {
public final static int TESTPORT = 5000;
public static void main(String args[]) {
ServerSocket checkServer = null;
String line;
BufferedReader is = null;
DataOutputStream os = null;
Socket clientSocket = null;
try {
checkServer = new ServerSocket(TESTPORT);
System.out.println("Aplikasi Server hidup ...");
} catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
try {
clientSocket = checkServer.accept();
is = new BufferedReader(new
InputStreamReader(clientSocket.getInputStream()));
os = new DataOutputStream(clientSocket.getOutputStream());
} catch (Exception ei) {
ei.printStackTrace();
}
try {
line = is.readLine();
System.out.println("Terima : " + line);
if (line.compareTo("salam") == 0) {
os.writeBytes("salam juga");
} else {
os.writeBytes("Maaf, saya tidak mengerti");
}
} catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
try {
os.close();
is.close();
clientSocket.close();
} catch (IOException ic) {
ic.printStackTrace();
}
}
}
import java.net.*;
public class simpleServer {
public final static int TESTPORT = 5000;
public static void main(String args[]) {
ServerSocket checkServer = null;
String line;
BufferedReader is = null;
DataOutputStream os = null;
Socket clientSocket = null;
try {
checkServer = new ServerSocket(TESTPORT);
System.out.println("Aplikasi Server hidup ...");
} catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
try {
clientSocket = checkServer.accept();
is = new BufferedReader(new
InputStreamReader(clientSocket.getInputStream()));
os = new DataOutputStream(clientSocket.getOutputStream());
} catch (Exception ei) {
ei.printStackTrace();
}
try {
line = is.readLine();
System.out.println("Terima : " + line);
if (line.compareTo("salam") == 0) {
os.writeBytes("salam juga");
} else {
os.writeBytes("Maaf, saya tidak mengerti");
}
} catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
try {
os.close();
is.close();
clientSocket.close();
} catch (IOException ic) {
ic.printStackTrace();
}
}
}
Logika (Server)
Simple
Server
Listing
diatas berfungsi untuk membuat aplikasi Client-Server
sederhana pada bagian Server. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu
jalankan file simpleServer.java.
Kemudian tunggu beberapa detik hingga program memunculkan statement berupa “Aplikasi
Server hidup..”. Selanjutnya setelah Aplikasi Sever hidup, jalankan
file simpleClient.java (disini
saya menggunakan dua PowerShell dan menjalankan masing – masing file secara
terpisah). Kemudian jika program menampilkan statement berupa “masukkan kata kunci : ” maka client, diharuskan menginputkan kata “salam”. Jika kata yang diinputkan
berbeda atau selain dari kata “salam”, maka server akan memunculkan statement
berupa “Maaf, saya tidak mengeri.”. Berikut
ini merupakan langkah – langkah yang harus dilakukan dalam menjalankan program
tersebut :
- Buka folder dari listing file
Server (simpleServer.java) yang
sudah dibuat.
- Tekan Shift + Klik Kanan.
- Pilih Open PowerShell Window Here.
- Jelankan program dengan cara ketik javac simpleServer.java kemudian dilanjutkan
dengan java simpleServer pada
PowerShell.
- Selanjutnya server akan menerima inputan dari client dan nantinya server akan menampilkan kata yang sudah diinputkan oleh client. Jika client menginputkan kata “salam” maka server akan membalas dengan kata “salam juga” akan tetapi jika client menginputkan kata selain dari kata “salam”, maka server akan membalas inputan tersebut dengan kata “Maaf , saya tidak mengerti”. Hal ini dikarenakan keyword yang terdapat dalam server adalah “salam”.
Output (Server) 1
Output (Sever) 2
Listing (Client)
import
java.io.*;
import java.net.*;
public class simpleClient {
public final static int REMOTE_PORT = 5000;
public static void main(String args[]) throws Exception {
Socket cl = null;
BufferedReader is = null;
DataOutputStream os = null;
BufferedReader stdin = new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in));
String userInput = null;
String output = null;
// Membuka koneksi ke server pada port REMOTE_PORT
try {
cl = new Socket(args[0], REMOTE_PORT);
is = new BufferedReader(new
InputStreamReader(cl.getInputStream()));
os = new DataOutputStream(cl.getOutputStream());
} catch(UnknownHostException e1) {
System.out.println("Unknown Host: " + e1);
} catch (IOException e2) {
System.out.println("Erorr io: " + e2);
}
// Menulis ke server
try {
System.out.print("Masukkan kata kunci: ");
userInput = stdin.readLine();
os.writeBytes(userInput + "\n");
} catch (IOException ex) {
System.out.println("Error writing to server..." + ex);
}
// Menerima tanggapan dari server
try {
output = is.readLine();
System.out.println("Dari server: " + output);
} catch (IOException e) {
e.printStackTrace();
}
// close input stream, output stream dan koneksi
try {
is.close();
os.close();
cl.close();
} catch (IOException x) {
System.out.println("Error writing...." + x);
}
}
}
import java.net.*;
public class simpleClient {
public final static int REMOTE_PORT = 5000;
public static void main(String args[]) throws Exception {
Socket cl = null;
BufferedReader is = null;
DataOutputStream os = null;
BufferedReader stdin = new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in));
String userInput = null;
String output = null;
// Membuka koneksi ke server pada port REMOTE_PORT
try {
cl = new Socket(args[0], REMOTE_PORT);
is = new BufferedReader(new
InputStreamReader(cl.getInputStream()));
os = new DataOutputStream(cl.getOutputStream());
} catch(UnknownHostException e1) {
System.out.println("Unknown Host: " + e1);
} catch (IOException e2) {
System.out.println("Erorr io: " + e2);
}
// Menulis ke server
try {
System.out.print("Masukkan kata kunci: ");
userInput = stdin.readLine();
os.writeBytes(userInput + "\n");
} catch (IOException ex) {
System.out.println("Error writing to server..." + ex);
}
// Menerima tanggapan dari server
try {
output = is.readLine();
System.out.println("Dari server: " + output);
} catch (IOException e) {
e.printStackTrace();
}
// close input stream, output stream dan koneksi
try {
is.close();
os.close();
cl.close();
} catch (IOException x) {
System.out.println("Error writing...." + x);
}
}
}
Logika (Client)
Simple
Client
Listing
diatas berfungsi untuk membuat aplikasi Client-Server
sederhana pada bagian Server. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu
jalankan file simpleServer.java.
Kemudian tunggu beberapa detik hingga program memunculkan statement berupa “Aplikasi
Server hidup..”. Selanjutnya setelah Aplikasi Sever hidup, jalankan
file simpleClient.java (disini
saya menggunakan dua PowerShell dan menjalankan masing – masing file secara
terpisah). Kemudian jika program menampilkan statement berupa “masukkan kata kunci : ” maka client, diharuskan menginputkan kata “salam”. Jika kata yang diinputkan
berbeda atau selain dari kata “salam”, maka server akan memunculkan statement
berupa “Maaf, saya tidak mengeri.”. Berikut
ini merupakan langkah – langkah yang harus dilakukan dalam menjalankan program
tersebut :
- Buka folder dari listing file
Client (simpleClient.java) yang
sudah dibuat.
- Tekan Shift + Klik Kanan.
- Pilih Open PowerShell Window Here.
- Jelankan program dengan cara ketik javac simpleClient.java kemudian dilanjutkan
dengan java simpleClient pada
PowerShell.
- Selanjutnya server akan menerima inputan dari client dan nantinya server akan menampilkan kata yang sudah diinputkan oleh client. Jika client menginputkan kata “salam” maka server akan membalas dengan kata “salam juga” akan tetapi jika client menginputkan kata selain dari kata “salam”, maka server akan membalas inputan tersebut dengan kata “Maaf , saya tidak mengerti”. Hal ini dikarenakan keyword yang terdapat dalam server adalah “salam”.
Output (Client) 1
Output (Client) 2
0 komentar:
Posting Komentar