Bisa dilihat pada postingan
sebelumnya yang membahas tentang segala informasi yang berhubungan dan terdapat
di dalam website Univeristas Indonesia dengan link website http://www.ui.ac.id. Setelah kita membahas semua
hal yang berkaitan tentang website tersebut, sekarang saya akan menganalisis
website Universitas Indonesia dimana analisis ini akan dilakukan dengan
menggunakan tools yang telah tersedia di Internet.
Apa yang kita ingin analisis ??
Tentunya dalam mengakses suatu
website kita perlu mmengetahui mengenai peringkat suatu website yang kita ingin
akses segala informasi yang ada didalamnya. Karena kenyataannya, peringkat
(rank) suatu website dapat menentukan performa dan mahalnya informasi yang ada
di dalam website tersebut. Kemudian penganalisisan ini juga dilakukan untuk
mengetahui siapa dan darimana pengunjung suatu website berasal.
Pada kesempatan kali ini saya akan
menganalisis website Universitas Indonesia dengan menggunakan 2 tool analsis
website :
- Semrush.com
- Alexa.com
Semrush.com
SEMRush atau SEM Rush adalah sebuah
alat untuk anda yang ingin melakukan riset keyword kompetitor. Mungkin anda
bingung, mengapa website anda kalah saing dengan website lainnya. Yang pertama
kali terlintas di pikiran anda pasti adalah keyword, keyword apa yang mereka
gunakan ?
SEMRush digunakan bagi anda yang serius di
bidang internet marketing atau blogger. Dengan SEMRush anda bisa mendapatkan
keyword kompetitor anda, sehingga anda berpeluang besar untuk bisa bersaing
dengan website lain.
Siapa yang seharusnya menggunakan SEMRush?
Siapapun bisa menggunakan SEMRush,
akan tetapi lebih direkomendasikan bagi internet marketer, situs e-commerce
(Lazada, Zalora, dll), atau pemain AGC (Auto Generated Content).
SEMRush
bisa membantu meningkatkan traffic website AGC Bisa! Karena pada dasarnya
SEMRush merupakan alat yang digunakan untuk melakukan riset kata kunci di website
kompetitor anda. Dengan SEMRush anda bisa mengetahui keyword kompetitor anda,
dan anda bisa menanamkan keyword yang anda dapatkan ke website AGC anda. Para
Internet Marketing dan pengelola website AGC pasti menggunakan SEMRush. Karena
mereka butuh alat untuk melakukan riset keyword para kompetitor dan bisa
menghasilkan puluhan juta rupiah setiap bulannya. Karena SEMRush memiliki
sekitar 40 juta domain dan lebih dari 95 juta keyword di dalam databasenya,
tentunya keyword niche.
Cara Penggunaan dari Semrush.com :
- Buka https://www.semrush.com untuk masuk ke halaman utama dari website semrush.com.
- Selanjutnya setelah masuk ke halaman utama, masukkan URL atau alamat website yang ingin kita analisis. Misalkan pada kesempatan kali ini kita akan menganalisis http://www.ui.ac.id.
Setelah selesai memasukkan URL dari
website yang kita ingin analasis, klik tombol Search.
Hasil Analisis Menggunakan Semrush.com
Disini dapat kita lihat, ketika
pertama memasukkan URL suatu website yang ingin kita analisis, maka akan muncul
nama domain suatu website yang ingin kita analisis. Setelah itu terdapat 4
bagian yang menjadi acuan dalam penganalisisan suatu website yang ingin kita
analisis. Dimana 4 bagaian tersebut terdiri dari Organic Search, Paid Search,
Backlinks, dan Display Advertising. Disitu dapat kita pada Organic Search terdapat
858 total traffic dengan keywords yang cukup banyak yaitu 11.5K. Selanjutnya
pada Paid Search menampilkan angka 0, karena pada website ini tidak memunculkan
atau melakukan kegiatan transaksi sama sekali. Hal ini disebabkan website ini
merupakan website akademik bukan website
e-commerce. Kemudian terdapat 427 total backlinks yang mengacu kepada
website www.ui.ac.id. Dan yang
terakhir Display Advertising memunculkan angka 0 karena tidak ada penampilan
iklan pada website ini.
Pada gambar ini dapat kita lihat
terdapat Top Organic Keywords yang banyak menjadi keyword dalam pencarian
website Universitas Indonesia. Hal ini menunjukkan terdapat keyword apa saja
yang paling sering digunakan ole user dalam mengakses website dari Universitas
Indonesia. Kemudian disebelahnya dapat kita lihat terdapat suatu diagram
Organic Position Distribution yang selalu naik dengan interval 5 – 10.
Selanjutnya disini dapat kita lihat
terdapat berbagai macam Backlinks. Dimana semua Backlinks tersebut mengarah ke
website dari Universita Indonesia. Kemudian semua Backlinks yang mengarah ke
website Universitas Indonesia akan tertulis secara detail beserta Anchor text
Backlinks yang dibuat guna menghubungkan semua Backlinks ke website Universitas
Indonesia.
Kemudian pada gambar diatas
terdapat Refering Domains. Dimana Refering Domains berfungsi untuk menampilkan
IP address dari Backlinks yang mengacu atau mengakses informasi dari website
Universitas Indonesia. Semua IP address yang tertera akan ditampilkan secara
lengkap dengan asal negara dari IP tersebut.
Alexa.com
Situs Alexa.com merupakan
situs yang didirikan pada April 1996. Situs ini merupakan situs yang dimiliki
oleh Amazon, sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional ternama
yang bermarkas di Seattle, Amerika. Boleh dikatakan situs ini berinduk pada
situs Amazon.com. Meskipun menginduk pada Amazon, situs ini bukanlah situs yang
berkaitan dengan perdagangan maupun elektornik.
Situs Alexa.com merupakan situs
yang yang menyajikan peringkat atau rangking dari sebuah website atau web
blog. Situs ini akan memberikan informasi terkait jumlah lalu lintas pengunjung
pada situs tertentu. Bisa dikatakan situs ini menjadi barometer atau acuan
tentang apakah sebuah situs banyak dikunjungi atau tidak? Mengapa hal ini
penting? Tentunya bagi beberapa pihak kunjungan ke sebuah situs adalah nilai
besar yang tidak bisa ditawar. Hal inilah yang menjadi landasan mengapa situs
Alexa kerap kali jadi patokan bagi beberapa situs, terutama situs yang
berkaitan dengan e-commerce.
Situs Alexa ini bisa dibilang cukup
akurat dalam memberikan rangking pada sebuah situs. Hal ini dilandasi karena
situs Alexa.com didirikan berdasarkan konsep informasi yang tepat dan cukup
relevan bagi para pengguna internet. Karena hal inilah situs ini cukup
dipercaya. Situs ini sendiri memebrikan peringkat 1 dan 2 kepada dua
situs terbesar dari 30 juta situs website yang tersebar di dunia. Posisi satu
ditempati oleh raksasa mesin pencari Google dan perangkat dua ditempati oleh
situs jejaring sosial terbesar yakni Facebook untuk data rangking Global
(akses Maret 2014) .
Cara Penggunaan dari Alexa.com :
- Buka https://www.alexa.com untuk masuk ke halaman utama dari website alexa.com.
- Selanjutnya setelah masuk ke halaman utama, masukkan URL atau alamat website yang ingin kita analisis. Misalkan pada kesempatan kali ini kita akan menganalisis http://www.ui.ac.id.
Setelah selesai memasukkan URL dari
website yang kita ingin analasis, klik tombol find.
Hasil Analisis Menggunakan Alexa.com
Pada gambar diatas dapat diketahui
tentang seberapa populernya website dari ui.ac.id. pada bagian ini alexa akan
menampilkan rank atau peringkat dari website tersebut, baik secara global
maupun negara (yaitu asal dari website tersebut). Kemudian disini dapat kita
ketahui bahwa ui.ac.id memiliki peringkat 12,155 secara global dan memiliki
peringkat website 206 dalam negara dimana website ini berasal yaitu Indonesia.
Selanjutnya pada gambar ini, Alexa
akan menampilkan 4 visitor atau pengunjung dari website ui.ac.id. Dimana semua
visitor yang mengakses informasi dari website tersebut dijelaskan secara
mendetail baik dari asal, persentase pengunjung website, serta peringkat
website di negara visitor tersebut. Dapat diketahui bahwa pengunjung teratas
atau terbanyak yang mengunjungi dan mengakses informasi dari ui.ac.id adalah
Indonesia.
Kemudian pada Alexa rank akan menampilkan
keterlibatan para visitor (pengunjung) pada website Universitas Indonesia,
dimana terdapat 3 persentase yang akan ditampilkan diantaranya :
Bounce Rate
Menampilkan Persentase kunjungan ke
situs yang terdiri dari satu tampilan laman yaitu 36,80%.
Daily Pageviews Per Visitor
Menampilkan persentase
Perkiraan tampilan halaman unik setiap hari per pengunjung atau pengakses
informasi pada situs Universitas Indonesia yaitu 4,48.
Daily Time On Site
Menampilkan perkiraan waktu setiap
hari di situs dengan format (mm: ss) per pengunjung atau pengakses informasi
pada situs tersebut yaitu sebesar 5 : 29.
Metrik keterlibatan membantu Anda memahami bagaimana tertarik pengunjung
situs adalah dengan konten situs. Metrik diperbarui setiap hari berdasarkan
trailing 3 bulan.
Setelah itu alexa akan menampilkan
darimana pengunjung atau pengakses situs ini berasal. Disini Alexa juga akan
menampilkan persentase pengujung situs dengan menggunakan mesin pencari
sebanyak 24,40% Tabel menunjukkan kata kunci teratas yang mengirim lalu lintas
ke situs ini dari mesin pencari utama selama 6 bulan terakhir. Daftar ini
diperbarui setiap bulan. Disini kata yang sering digunakan adalah website
Universitas Pelita Harapan dengan sebanyak 8,24%.
Pada gambar diatas dijelaskan tentang
banyaknya situs yang masih berhubungan (melakukan link) dengan ui.ac.id. Dimana
menurut alexa terdapat 5,531 situs yang berhubungan (melakukan link) dengan
website Universitas Indonesia. Dimana pada bagian ini alexa menampilkam 5 situs
teratas yang paling sering berhubungan dengan ui.ac.id.
Selanjutnya masih dengan situs yang
berelasi (berhubungan) dengan website Universitas Indonesia. Dimana pada
tampilan ini terdapat 5 situs Universitas lainnya yang berelasi dengan website
Universitas Indonesia dengan link ui.ac.id. Hal ini disebabkan ui.ac.id
merupakan situs berbasis akademik, maka alexa akan menampilkan situs akademik
yang berelasi (berhubungan) dengan ui.ac.id.
Gambar diatas menjelaskan tentang
kemana para pengunjung atau visitors paling sering mengakses subdomain dari
website ui.ac.id. Dapat dilihat para pengunjung paling sering mengunjungin
subdomain lib.ui.ac.id dengan persentase 18,37%. Hal ini dapat menyimpulkan
bahwa kebanyakan para pengunjung mengakses informasi yang berhubungan dengan
universitas Indonesia dengan mengakses subdomain tersebut.
Setelah itu Alexa akan
menampilkan tentang seberapa cepat situs ui.ac.id dapat diload kembali, Disini
dapat dilihat bahwa website Universitas
Indonesia dimuat kembali dengan kecepatan 1.707 detik, 51% lebih cepat.
Dan yang terakhir alexa akan
menampilkan suatu informasi tentang siapa saja yang mengunjungi website
Universitas Indonesia. Dimana pada gambar ini alexa akan menjelaskan tentang
berbagai macam informasi para pengunjung yang mengakses informasi pada situs
ui.ac.id. Audience Demographic merupakan Data pengunjung geografi
menjelaskan di mana pengunjung situs ini selama sebulan terakhir berada, dan
bagaimana situs tersebut di negara-negara populer. Jika suatu negara tidak
tercantum, itu karena Alexa tidak memiliki cukup data untuk situs ini untuk
menentukan peringkat / mengukur popularitas situs di antara populasi online
negara itu. Metrik ini diperbarui setiap bulan. Informasi
tersebut dapat dilihat dari 3 bagian, diantaranya :
- Gender, Melihat dari jenis kelamin yang mengunjung sebuah situs, terdiri dari laki – laki dan perempuan.
- Education, Melihat dari segi pendidikan yang mengunjungi situs ini.
- Browsing Location, Menampilkan lokasi tempat mengakses situs ini, locasi tersebut sendiri berada pada Rumah, Sekolah, dan tempat pekerjaan.
Itulah merupakan 2 tool yang saya
gunakan dalam menganalisis website dengan link www.ui.ac.id.
Dimana setelah kita analisis dapat disimpulkan bahwa website Universitas
Indonesia merupakan website akademis yang paling sering dikunjungi dan banyak
para visitor dari dalam negeri maupun luar negeri yang mengakses informasi dari
situs tersebut.
SUMBER :
- www.ui.ac.id. (Diakses pada 10 Mei 2016)
- https://www.semrush.com. (Diakses pada 10 Mei 2016)
- https://www.semrush.com/info/ui.ac.id?db=us. (Diakses pada 10 Mei 2016)
- http://www.alexa.com. (Diakses pada 10 Mei 2016)
- http://www.alexa.com/siteinfo/ui.ac.id. (Diakses pada 10 Mei 2016)
- http://www.abdulmupit.ninja/semrush-sem-rush-tool-untuk-riset-keyword-kompetitor. (Diakses pada 10 Mei 2016)
- http://www.plimbi.com/article/152352/alexacom. (Diakses pada 10 Mei 2016)
0 komentar:
Posting Komentar