10 Mei 2016

Analisis Website Universitas Indonesia



Bisa dilihat pada postingan sebelumnya yang membahas tentang segala informasi yang berhubungan dan terdapat di dalam website Univeristas Indonesia dengan link website http://www.ui.ac.id. Setelah kita membahas semua hal yang berkaitan tentang website tersebut, sekarang saya akan menganalisis website Universitas Indonesia dimana analisis ini akan dilakukan dengan menggunakan tools yang telah tersedia di Internet.


Analisis Website Universitas Indonesia


Apa yang kita ingin analisis ?? 

Tentunya dalam mengakses suatu website kita perlu mmengetahui mengenai peringkat suatu website yang kita ingin akses segala informasi yang ada didalamnya. Karena kenyataannya, peringkat (rank) suatu website dapat menentukan performa dan mahalnya informasi yang ada di dalam website tersebut. Kemudian penganalisisan ini juga dilakukan untuk mengetahui siapa dan darimana pengunjung suatu website berasal.

Pada kesempatan kali ini saya akan menganalisis website Universitas Indonesia dengan menggunakan 2 tool analsis website :


  1. Semrush.com
  2. Alexa.com


Semrush.com

Analisis Website Universitas Indonesia
                                                          
SEMRush atau SEM Rush adalah sebuah alat untuk anda yang ingin melakukan riset keyword kompetitor. Mungkin anda bingung, mengapa website anda kalah saing dengan website lainnya. Yang pertama kali terlintas di pikiran anda pasti adalah keyword, keyword apa yang mereka gunakan ?

SEMRush digunakan bagi anda yang serius di bidang internet marketing atau blogger. Dengan SEMRush anda bisa mendapatkan keyword kompetitor anda, sehingga anda berpeluang besar untuk bisa bersaing dengan website lain.

Siapa yang seharusnya menggunakan SEMRush?

Siapapun bisa menggunakan SEMRush, akan tetapi lebih direkomendasikan bagi internet marketer, situs e-commerce (Lazada, Zalora, dll), atau pemain AGC (Auto Generated Content).  

SEMRush bisa membantu meningkatkan traffic website AGC Bisa! Karena pada dasarnya SEMRush merupakan alat yang digunakan untuk melakukan riset kata kunci di website kompetitor anda. Dengan SEMRush anda bisa mengetahui keyword kompetitor anda, dan anda bisa menanamkan keyword yang anda dapatkan ke website AGC anda. Para Internet Marketing dan pengelola website AGC pasti menggunakan SEMRush. Karena mereka butuh alat untuk melakukan riset keyword para kompetitor dan bisa menghasilkan puluhan juta rupiah setiap bulannya. Karena SEMRush memiliki sekitar 40 juta domain dan lebih dari 95 juta keyword di dalam databasenya, tentunya keyword niche.

Cara Penggunaan dari Semrush.com :


  • Buka https://www.semrush.com untuk masuk ke halaman utama dari website semrush.com.
  • Selanjutnya setelah masuk ke halaman utama, masukkan URL atau alamat website yang ingin kita analisis. Misalkan pada kesempatan kali ini kita akan menganalisis http://www.ui.ac.id.

Setelah selesai memasukkan URL dari website yang kita ingin analasis, klik tombol Search.


Hasil Analisis Menggunakan Semrush.com



Analisis Website Universitas Indonesia


Disini dapat kita lihat, ketika pertama memasukkan URL suatu website yang ingin kita analisis, maka akan muncul nama domain suatu website yang ingin kita analisis. Setelah itu terdapat 4 bagian yang menjadi acuan dalam penganalisisan suatu website yang ingin kita analisis. Dimana 4 bagaian tersebut terdiri dari Organic Search, Paid Search, Backlinks, dan Display Advertising. Disitu dapat kita pada Organic Search terdapat 858 total traffic dengan keywords yang cukup banyak yaitu 11.5K. Selanjutnya pada Paid Search menampilkan angka 0, karena pada website ini tidak memunculkan atau melakukan kegiatan transaksi sama sekali. Hal ini disebabkan website ini merupakan website akademik bukan website e-commerce. Kemudian terdapat 427 total backlinks yang mengacu kepada website www.ui.ac.id. Dan yang terakhir Display Advertising memunculkan angka 0 karena tidak ada penampilan iklan pada website ini.



Analisis Website Universitas Indonesia


Pada gambar ini dapat kita lihat terdapat Top Organic Keywords yang banyak menjadi keyword dalam pencarian website Universitas Indonesia. Hal ini menunjukkan terdapat keyword apa saja yang paling sering digunakan ole user dalam mengakses website dari Universitas Indonesia. Kemudian disebelahnya dapat kita lihat terdapat suatu diagram Organic Position Distribution yang selalu naik dengan interval 5 – 10.



Analisis Website Universitas Indonesia

 
Selanjutnya disini dapat kita lihat terdapat berbagai macam Backlinks. Dimana semua Backlinks tersebut mengarah ke website dari Universita Indonesia. Kemudian semua Backlinks yang mengarah ke website Universitas Indonesia akan tertulis secara detail beserta Anchor text Backlinks yang dibuat guna menghubungkan semua Backlinks ke website Universitas Indonesia.



Analisis Website Universitas Indonesia

 
Kemudian pada gambar diatas terdapat Refering Domains. Dimana Refering Domains berfungsi untuk menampilkan IP address dari Backlinks yang mengacu atau mengakses informasi dari website Universitas Indonesia. Semua IP address yang tertera akan ditampilkan secara lengkap dengan asal negara dari IP tersebut.



Alexa.com


Analisis Website Universitas Indonesia

Situs Alexa.com merupakan situs yang didirikan pada April 1996. Situs ini merupakan situs yang dimiliki oleh Amazon, sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional ternama yang bermarkas di Seattle, Amerika. Boleh dikatakan situs ini berinduk pada situs Amazon.com. Meskipun menginduk pada Amazon, situs ini bukanlah situs yang berkaitan dengan perdagangan maupun elektornik.

Situs Alexa.com merupakan situs yang  yang menyajikan peringkat atau rangking dari sebuah website atau web blog. Situs ini akan memberikan informasi terkait jumlah lalu lintas pengunjung pada situs tertentu. Bisa dikatakan situs ini menjadi barometer atau acuan tentang apakah sebuah situs banyak dikunjungi atau tidak? Mengapa hal ini penting? Tentunya bagi beberapa pihak kunjungan ke sebuah situs adalah nilai besar yang tidak bisa ditawar. Hal inilah yang menjadi landasan mengapa situs Alexa kerap kali jadi patokan bagi beberapa situs, terutama situs yang berkaitan dengan e-commerce.  

Situs Alexa ini bisa dibilang cukup akurat dalam memberikan rangking pada sebuah situs. Hal ini dilandasi karena situs Alexa.com didirikan berdasarkan konsep informasi yang tepat dan cukup relevan bagi para pengguna internet. Karena hal inilah situs ini cukup dipercaya. Situs ini sendiri  memebrikan peringkat 1 dan 2 kepada dua situs terbesar dari 30 juta situs website yang tersebar di dunia. Posisi satu ditempati oleh raksasa mesin pencari Google dan perangkat dua ditempati oleh situs jejaring sosial terbesar yakni Facebook  untuk data rangking Global (akses Maret 2014) .

Cara Penggunaan dari Alexa.com :

  • Buka https://www.alexa.com untuk masuk ke halaman utama dari website alexa.com.
  • Selanjutnya setelah masuk ke halaman utama, masukkan URL atau alamat website yang ingin kita analisis. Misalkan pada kesempatan kali ini kita akan menganalisis http://www.ui.ac.id.
Setelah selesai memasukkan URL dari website yang kita ingin analasis, klik tombol find.


Hasil Analisis Menggunakan Alexa.com

 
Analisis Website Universitas Indonesia

Pada gambar diatas dapat diketahui tentang seberapa populernya website dari ui.ac.id. pada bagian ini alexa akan menampilkan rank atau peringkat dari website tersebut, baik secara global maupun negara (yaitu asal dari website tersebut). Kemudian disini dapat kita ketahui bahwa ui.ac.id memiliki peringkat 12,155 secara global dan memiliki peringkat website 206 dalam negara dimana website ini berasal yaitu Indonesia.



Selanjutnya pada gambar ini, Alexa akan menampilkan 4 visitor atau pengunjung dari website ui.ac.id. Dimana semua visitor yang mengakses informasi dari website tersebut dijelaskan secara mendetail baik dari asal, persentase pengunjung website, serta peringkat website di negara visitor tersebut. Dapat diketahui bahwa pengunjung teratas atau terbanyak yang mengunjungi dan mengakses informasi dari ui.ac.id adalah Indonesia.


Analisis Website Universitas Indonesia

Kemudian pada Alexa rank akan menampilkan keterlibatan para visitor (pengunjung) pada website Universitas Indonesia, dimana terdapat  3 persentase yang akan ditampilkan diantaranya :
Bounce Rate 
Menampilkan Persentase kunjungan ke situs yang terdiri dari satu tampilan laman yaitu 36,80%.

Daily Pageviews Per Visitor
Menampilkan  persentase Perkiraan tampilan halaman unik setiap hari per pengunjung atau pengakses informasi pada situs Universitas Indonesia yaitu 4,48.

Daily Time On Site
Menampilkan perkiraan waktu setiap hari di situs dengan format (mm: ss) per pengunjung atau pengakses informasi pada situs tersebut yaitu sebesar 5 : 29.

Metrik keterlibatan membantu Anda memahami bagaimana tertarik pengunjung situs adalah dengan konten situs. Metrik diperbarui setiap hari berdasarkan trailing 3 bulan.


Analisis Website Universitas Indonesia

Setelah itu alexa akan menampilkan darimana pengunjung atau pengakses situs ini berasal. Disini Alexa juga akan menampilkan persentase pengujung situs dengan menggunakan mesin pencari sebanyak 24,40% Tabel menunjukkan kata kunci teratas yang mengirim lalu lintas ke situs ini dari mesin pencari utama selama 6 bulan terakhir. Daftar ini diperbarui setiap bulan. Disini kata yang sering digunakan adalah website Universitas Pelita Harapan dengan sebanyak 8,24%.


Analisis Website Universitas Indonesia


Pada gambar diatas dijelaskan tentang banyaknya situs yang masih berhubungan (melakukan link) dengan ui.ac.id. Dimana menurut alexa terdapat 5,531 situs yang berhubungan (melakukan link) dengan website Universitas Indonesia. Dimana pada bagian ini alexa menampilkam 5 situs teratas yang paling sering berhubungan dengan ui.ac.id.


Analisis Website Universitas Indonesia


Selanjutnya masih dengan situs yang berelasi (berhubungan) dengan website Universitas Indonesia. Dimana pada tampilan ini terdapat 5 situs Universitas lainnya yang berelasi dengan website Universitas Indonesia dengan link ui.ac.id. Hal ini disebabkan ui.ac.id merupakan situs berbasis akademik, maka alexa akan menampilkan situs akademik yang berelasi (berhubungan) dengan ui.ac.id.


Analisis Website Universitas Indonesia


Gambar diatas menjelaskan tentang kemana para pengunjung atau visitors paling sering mengakses subdomain dari website ui.ac.id. Dapat dilihat para pengunjung paling sering mengunjungin subdomain lib.ui.ac.id dengan persentase 18,37%. Hal ini dapat menyimpulkan bahwa kebanyakan para pengunjung mengakses informasi yang berhubungan dengan universitas Indonesia dengan mengakses subdomain tersebut.


Analisis Website Universitas Indonesia


Setelah itu Alexa akan menampilkan tentang seberapa cepat situs ui.ac.id dapat diload kembali, Disini  dapat dilihat bahwa website Universitas Indonesia dimuat kembali dengan kecepatan 1.707 detik, 51% lebih cepat.


Analisis Website Universitas Indonesia

Dan yang terakhir alexa akan menampilkan suatu informasi tentang siapa saja yang mengunjungi website Universitas Indonesia. Dimana pada gambar ini alexa akan menjelaskan tentang berbagai macam informasi para pengunjung yang mengakses informasi pada situs ui.ac.id. Audience Demographic merupakan Data pengunjung geografi menjelaskan di mana pengunjung situs ini selama sebulan terakhir berada, dan bagaimana situs tersebut di negara-negara populer. Jika suatu negara tidak tercantum, itu karena Alexa tidak memiliki cukup data untuk situs ini untuk menentukan peringkat / mengukur popularitas situs di antara populasi online negara itu. Metrik ini diperbarui setiap bulan. Informasi tersebut dapat dilihat dari 3 bagian, diantaranya :

  1. Gender, Melihat dari jenis kelamin yang mengunjung sebuah situs, terdiri dari laki – laki dan perempuan.
  2. Education, Melihat dari segi pendidikan yang mengunjungi situs ini.
  3. Browsing Location, Menampilkan lokasi tempat mengakses situs ini, locasi tersebut sendiri berada pada Rumah, Sekolah, dan tempat pekerjaan.
Itulah merupakan 2 tool yang saya gunakan dalam menganalisis website dengan link www.ui.ac.id. Dimana setelah kita analisis dapat disimpulkan bahwa website Universitas Indonesia merupakan website akademis yang paling sering dikunjungi dan banyak para visitor dari dalam negeri maupun luar negeri yang mengakses informasi dari situs tersebut.

SUMBER :

0 komentar:

Posting Komentar

 

My university

Blogroll